Polling Bulan Ini

Bagaimanakah PBM semester Gasal 2015 - 2016

sangat baik
Baik
Cukup
Kurang baik

Lihat Hasil Polling
Download Terbaru
Hubungi Kami
  • Untuk info lebih lanjut, silahkan hubungi kami via YM.

  • Ilmu Keperawatan
    Share this article on :

    A.     Profil Program Studi Ilmu Keperawatan

    Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal (STIKES KENDAL), dari sejak awal berdiri tahun 2003 dibawah naungan Yayasan Ngesti Widhi Husada Kendal diprakarsai oleh para perawat yang berada di Kabupaten Kendal, berupaya untuk menjadi Pendidikan Ners yang menjunjung tinggi integritas. Integritas tersebut diwujudkan dalam kejujuran dan keterbukaan, terutama kepada calon mahasiswa atau peserta didik.

    Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal (STIKES) berdiri pada tahun 2003 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 76/D/O/2004, tanggal 15 Juni 2004 tentang Penyelenggaraan Program Sarjana Keperawatan, dilanjutkan dengan ijin perpanjangan Penyelenggaraan Program Pendidikan Sarjana Keperawatan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 3176/D/T/2006 tanggal 29 Agustus 2006.

    Program studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal (STIKES KENDAL) adalah Pendidikan Ners yang merupakan salah satu program studi dari 3 (tiga) program studi yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal (STIKES KENDAL) dibawah naungan Yayasan Ngesti Widhi Husada Kendal, beralamat di Jl. Laut No. 31  Kendal Kode Pos 51311 telepon (0294) 384038, 381343 Fax (0294) 381843, website: www.stikeskendal.ac.id, e-mail: info@stikeskendal.ac.id atau stikes_kendal@yahoo.com. Lokasi PSIK STIKES Kendal cukup strategis dan menguntungkan karena berada di pusat kota Kendal.

    PSIK STIKES KENDAL adalah Pendidikan Ners (S1) yang pertama kali berdiri di Kabupaten Kendal dan di wilayah propinsi Jawa Tengah bagian barat (Kendal, Batang, Pekalongan, Pemalang, Tegal, Brebes, Temanggung, Wonosobo, Banjarnegara), sehingga cukup strategis dan berpeluang untuk mengembangkan Pendidikan Tinggi Keperawatan.

    Dalam rangka pengembangan dan pembinaan institusi serta untuk mendukung kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal telah berpartisipasi menjadi anggota Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) sejak tanggal 27 Juni 2005 dengan nomer anggota 035/AIPNI/2005.

    Tahun 2008 terbit ijin penyelenggaraan Program Pendidikan Profesi Ners dari Mendiknas RI. Tahun 2009 PSIK STIKES Kendal telah terakreditasi BAN-PT (Akreditasi C) berdasarkan SK Ketua BAN-PT Nomor: 013/BAN-PT/Ak-XII/S1/VI/2009.

     

    B.     Visi

    Menjadi lembaga pendidikan tinggi keperawatan sebagai pusat pengembangan ilmu keperawatan dan profesi keperawatan, serta mampu menghasilkan Ners dan ilmuwan keperawatan yang tanggap dan adaptif, mampu meningkatkan pelayanan keperawatan profesional di tingkat nasional dan siap menghadapi tantangan global dengan target pencapaian pada tahun 2020.

     

    1. C.     Misi
    2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang dikelola secara profesional, efektif, efisien, memegang tinggi budaya akademis dan nilai-nilai ilmiah, serta menghasilkan lulusan berkualitas tinggi sebagai ilmuwan atau praktisi yang beretika, humanis, berpedoman teguh pada hukum, dan mampu berkompetisi ditingkat global.
    3. Melaksanakan dan mengembangkan penelitian keperawatan untuk berkontribusi dalam pengembangkan ilmu pengetehuan dan teknologi keperawatan.
    4. Melaksanakan pengabdian masyarakat dengan menerapkan dan mengembangkan praktik keperawatan profesional dikomunitas.
    5. Meningkatkan kompetensi dan keilmuan staf edukatif dan non edukatif secara berkesinambungan.
    6. Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan secara bertahap dan berkesinambungan.
    7. Menjalin dan meningkatkan kerjasama secara nasional maupun regional dalam bidang keperawatan yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

     

    D.     Tujuan

    Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal bertujuan:

    1. Tujuan Jangka Pendek
      1. Memiliki staf edukatif dengan kualifikasi akademik magister/master, spesialis serta doktor keperawatan dan non keperawatan.
      2. Memiliki sarana dan prasarana pendidikan yang memadai: Kampus yang representatif,  laboratorium dasar keperawatan, laboratorium keperawatan, mini hospital, laboratorium bahasa, laboratorium komputer, dan internet.
      3. Terlaksana proses pendidikan dan pengajaran yang memegang tinggi budaya akademis, nilai-nilai ilmiah.
      4. Terwujudnya peningkatan kualitas pembelajaran di kelas, di klinik, dan di komunitas/lapangan.
      5. Menghasilkan lulusan yang berkualitas tinggi, beretika, humanis, dan mampu melaksanakan profesinya dengan berpedoman hukum.
      6. Memperoleh akreditasi minimal B pada tahun 2015 oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKES).
    2. Tujuan Jangka Panjang
      1. Menjadi lembaga pendidikan tinggi keperawatan sebagai pusat pendidikan dan penelitian keperawatan.
      2. Bekerja sama dengan organisasi profesi mampu mengembangkan model praktik keperawatan profesional sesuai dengan kultur masyarakat.
      3. Berpartisipasi aktif dan berkesinambungan dalam profesionalisasi keperawatan hingga terwujudnya peningkatan taraf kelayakan hidup perawat.
      4. Memprakarsai berkembangnya STIKES Kendal menjadi Universitas Kendal.

     

    E.      Penyelenggaraan Program

    1. Program Reguler

    Program reguler adalah jenis program pendidikan di PSIK yang menerima mahasiswa melalui jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang berasal dari lulusan SMU. Mahasiswa wajib mengikuti seluruh tahap program pendidikan Ners yang terdiri atas tahap akademik dan tahap profesi.
    Tahap program akademik dijadwalkan dalam 8 semester dengan beban studi 146 sks untuk mata kuliah wajib ditambah minimal 2 sks mata kuliah pilihan. Sedangkan tahap profesi dijadwalkan selama kurang lebih 49 minggu (2 semester) dengan beban studi 36 sks.

    Setelah menyelesaikan tahap akademik, mahasiswa dapat mengikuti wisuda dan berhak memperoleh gelar Sarjana Keperawatan (S.Kep). Selanjutnya mahasiswa wajib melaksanakan Kepaniteraan yang merupakan persyaratan untuk mengikuti tahap profesi. Setelah mahasiswa menyelesaikan tahap profesi, mahasiswa akan diwisuda dan wajib mengikuti Angkat Sumpah serta berhak memperoleh sebutan Ners (Ns.) dan akan diakui sebagai perawat profesional (Professional Nurse).

     

    1. Program Lintas Jalur/Alih Program

    Mahasiswa wajib mengikuti seluruh tahap Program Pendidikan Ners yaitu tahap Program Akademik dan Program Profesi. Pada tahap program akademik memiliki beban studi sebesar 80 sks untuk mata kuliah wajib dalam 4 semester. Sedangkan tahap profesi dijadwalkan kurang lebih 48 minggu (2 semester) dengan beban studi 36 sks.

    Setelah menyelesaikan tahap akademik, mahasiswa dapat mengikuti wisuda dan berhak memperoleh gelar Sarjana Keperawatan (S.Kep). Setelah mahasiswa menyelesaikan tahap Profesi, mahasiswa akan diwisuda dan wajib mengikuti Angkat Sumpah serta berhak memperoleh sebutan Ners (Ns.) dan akan diakui sebagai perawat profesional (Professional Nurse).

     

    F.    Organisasi

    Ketua Prodi Ilmu Keperawatan

    Sek Prodi Ilmu Keperawatan

    :

    :

    Ahmad Saekhu, S.Kep., Ns

    Qurrotul Aeni, Ns., M.Kep

     

    Departemen:

     

     

    1. Departemen DKKD            

    :

    Qurrotul Aeni, Ns, M.Kep

    Dewi Sulistyowati, S.Kep., Ns

    Hermanto, S.Kep., Ns

    Novi Indrayati, S.Kep., Ns

    Devi Nurmalia, Ns, M.Kep

    Hendra Adi P, S.Kep, Ns

    Rian Widiyanto, S.Kep, Ns

     

    1. Departemen KMB KGD

    :

    Ahmad Saekhu, S.Kep., Ns

    AhmadAsyrofi,Ns,M.Kep,Sp.Kep.MB

    Lestari Eko Darwati, Ns,M.Kep

    Triana Arisdiani, S.Kep., Ns

    Setyaningsih, Ns, M.Kep

    Ahmad Puji, Ns, M.Kep

    Dody Setyawan, Ns, M.Kep

    Susana Widyaningsih, Ns, MNS

    Nana Rochana, Ns, MN

     

    1. Departemen Maternitas Anak

    :

    Yuni Puji Widiastuti, Ns.,M.Kep

    Andriyani Mustika N,S.Kep.,Ns.,M.H

    M. Khabib Burhanudin, Ns., M.Kep

    Farizka A, S.Kep., Ns

    Lilis F. Nuha, S.Kep., Ns

    Istioningsih, S.Kep, Ns

    Dwi Hariyanti, S.Kep, Ns

     

    1. Departemen Jiwa Komunitas Gerontik

    :

    Rina Anggraeni, Ns., M.Kep

    Dona Yanuar AS, Ns., MNS

    Yulia Susanti, Ns.,M.Kep

    Livana PH, Ns., M.Kep

    Riani Pradara Jati, S.Kep., Ns

    Ut Uilla, S.Kep., Ns

    Berita Kemahasiswaan

    Pengumuman Pengambilan KHS Semester genap 2014/2015

    2015-09-19 - 03:42:am | Kategori Kemahasiswaan | oleh dona

    Diberitahukan kepada semua mahasiswa Stikes Kendal, Bahwa Pengambilan KHS Semester genap 2014/2015 dilakukan di BAAK dengan menunju.....Baca Selanjutnya

    Lokakarya Pengembangan Karakter Bagi Mahasiswa 2015 (masih ada kuota angkatan II)

    2015-09-08 - 11:48:am | Kategori Kemahasiswaan | oleh dona

    Dalam rangka mengembangkan potensi dan jiwa kepemimpinan mahasiswa yang antara lain diwujudkan dalam sikap, perilaku dan kepribadianyang .....Baca Selanjutnya

    Berita Kegiatan

    PEMBAHASAN SOAL UJI KOMPETENSI

    2016-09-19 - 04:00:pm | Kategori Kegiatan | oleh dona

    Diberitahukan kepada Alumni dan Calon Alumni Ners STIKES Kendal bahwa pada:

    hari: Rabu s/d Jumat

    tanggal: 21 s/d 23 Septemb.....Baca Selanjutnya

    Tracer Studi Untuk Alumni

    2016-09-19 - 03:42:pm | Kategori Kegiatan | oleh dona

    Diberitahukan kepada seluruh alumni STIKES Kendal bahwa guna pendataan para.....Baca Selanjutnya

    Berita Akademik
    Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal
    Jl. Laut No. 31A Kendal Jawa Tengah 51311
    Telp: 0294-381343 fax :0294-381834 email : info@stikeskendal.ac.id