Polling Bulan Ini

Bagaimanakah PBM semester Gasal 2015 - 2016

sangat baik
Baik
Cukup
Kurang baik

Lihat Hasil Polling
Download Terbaru
Hubungi Kami
  • Untuk info lebih lanjut, silahkan hubungi kami via YM.

  • Kesehatan Masyarakat
    Share this article on :

    A.   Profil Program Studi Kesehatan Masyarakat

    1.    Sejarah Singkat

    Dengan adanya pergeseran pandangan penyelesaian masalah kesehatan dari upaya kuratif dan rehabilitatif ke arah promotif dan preventif, maka peluang pekerjaan untuk lulusan Program Studi Kesehatan Masyarakat (S1) semakin terbuka lebar dan nyata di tengah masyarakat. Sesuai dengan tuntutan kebutuhan, maka kurikulum Program Studi Kesehatan Masyarakat ini memfokuskan pada kemampuan untuk memecahkan dan menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat serta mampu mengevaluasi upaya-upaya kesehatan melalui prinsip dan metode kesehatan, hasil penelitian dan ketrampilan khusus bidang kesehatan.

    Program Studi Kesehatan Masyarakat (PSKM) di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal (STIKES Kendal), dari sejak awal berdiri tahun 2003 dibawah naungan Yayasan Ngesti Widhi Husada Kendal diprakarsai oleh para ahli kesehatan masyarakat di wilayah Kendal bertekad untuk menjunjung tinggi integritas. Integritas tersebut diwujudkan dalam kejujuran dan keterbukaan, terutama kepada calon mahasiswa atau peserta didik. Program Studi Kesehatan Masyarakat (PSKM) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal (STIKES Kendal) berdiri pada tahun 2003 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 76/D/O/2004.

    Berbagai profesi yang menjanjikan dapat diraih oleh lulusan Program Studi Kesehatan Masyarakat yaitu sebagai manager di lembaga kesehatan dan perusahaan-perusahaan, lembaga pendidikan, peneliti, bagian statistik, gizi, kesehatan dan keselamatan kerja, lembaga swadaya masyarakat, dan lain-lain.

    Untuk mengantisipasi persaingan di lapangan kerja dan kemajuan teknologi maka semua lulusan Program Studi Kesehatan Masyarakat dibekali dengan kompetensi di bidang kesehatan dan keselamatan kerja, dan kompetensi kesehatan ibu dan anak, serta dibekali dengan keahlian khusus bahasa inggris, kewirausahaan dan pemasaran sosial, aplikasi komputer, penulisan karya ilmiah, disamping kuliah-kuliah umum oleh praktisi-praktisi berpengalaman di Indonesia.

    2.    Visi Misi

    1. Visi

    Pada tahun 2020 mewujudkan Program Studi Kesehatan Masyarakat ungggulan dan rujukan dalam rangka  menghasilkan tenaga kesehatan masyarakat yang profesional, mandiri dan berakhlak mulia serta mampu berkompetensi secara nasional dan siap menghadapi tantangan global.

    2. Misi

    1)    Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang kesehatan masyarakat dalam rangka menghasilkan tenaga kesehatan masyarakat yang professional, mandiri dan berakhlak mulia serta mampu berkompetisi secara nasional dan siap menghadapi tantangan global.

    2)    Menyelenggarakan penelitian di bidang kesehatan masyarakat dalam rangka mendukung tenaga kesehatan masyarakat yang professional, mandiri dan berakhlak mulia serta mampu berkompetisi secaranasional dan siap menghadapi tantangan global.

    3)    Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang kesehatan masyarakat dalam rangka mendukung tenaga kesehatan masyarakat yang professional, mandiri dan berakhlak mulia serta mampu berkompetisi secara nasional dan siap menghadapi tantangan global

    4)    Menjalin kerjasama dan kemitraan dengan pembuat kebijakan dalam rangka mendukung penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi

     

    3.    Tujuan Pendidikan

    1. Menghasilkan lulusan/ahlikesehatan masyarakat (S.K.M.) yang profesional, mandiri dan berakhlak mulia serta mampu berkompetisi secara nasional dan siap menghadapi tantangan global, yang memiliki kompetensi MIRACLE ULTIMATE yaitu :  a. Memiliki kemampuan dan keterampilan dalm bidang manajemen yaitu merencanakan dan mengelola sumber daya termasuk sumber dana (Manager); b. Mampu mengembangkan kebijakan dan merencanakan program kesehatan (Inovator); c. Memiliki sikap terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan IPTEKS sehingga mampu melakukan kajian dan analisis situasi kesehatan masyarakat guna peningkatan derajat kesehatan masyarakat (Researcher); d. Memiliki penguasaan ilmu kesehatan masyarakat (Apprenticer); e. Mampu berkomunikasi secara efektif kepada masyarakat melalui berbagai media (Communitarian); f. Mampu memimpin dan berpikir sistem (Leader); g. Mampu mendidik dan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat (Educator); h. Memiliki kemampuan bahsa asing tingkat lanjut dan memiliki penguasaan isu-isu kesehatan masyarakat global dan lokal (wilayah Pantai Utara Jawa/PANTURA) (Universal); i. Memiliki kemampuan mengelola kelompok atau organisasi (Leader); j. Memiliki kemampuan menggunakan prinsip-prinsip dan metode-metode kesehtaan masyarakat dalam memecahkan masalah kesehatan masyarakat untuk mengidentifikasi, merumuskan dan menyusun prioritas masalah kesehatan masyarakat sekarang dan yang akan datang, serta menyelesaikan masalah tersebut dengan perencanaan, implementasi dan evaluasi program yang bersifat preventif dan promotif tanpa mengabaikan program kuratif dan rehabilitatif. Mampu mengembangkan pengetahuan dan aplikasi kesehatan masyarakat melalui hasil-hasil penelitian (Thinker); k. Mampu memotivasi atau mendorong masyarakat untuk hidup sehat melalui kegiatan promosi kesehatan (Motivator); l. Mampu mengamalkan dan menyebarluaskan pegetahuan dan manfaat ilmu kesehatan masyarakat kepada masyarakat pada umumnya serta mampu menjadi tokoh masyarakat atau panutan pada masyarakat umum dalam bidang kesehatan masyarakat (Actor); m. Memiliki jiwa kewirausahaan dan mampu menciptakan dunia usaha berbasis kesehatan masyarakat (Enterpreuner).
    2. Memiliki staf edukatif dengan kualifikasi akademik magister/master
    3. Terlaksana proses pendidikan dan perkuliahan yang memegang tinggi budaya akademis, dan nilai-nilai ilmiah
    4. Terwujudnya peningkatan kualitas pembelajaran di kelas dan di komunitas/lapangan
    5. Memiliki sarana dan prasarana pendidikan yang memadai : kampus yang representatif, labooratorium dasar kesehatan masyarakat, laboratorium bahasa, laboratorium komputer, laboratorium audio visual dan internet
    6. Bekerjasama dengan organisasi profesi mampu mengembangkan profesi kesehatan masyarakat sesuai dengan kultur masyarakat
    7. Mengembangkan budaya penelitian di kalangan dosen sesuai dengan bidang kesehatan masyarakat
    8. Mengembangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat atas dasar tanggung jawab sosial berdasarkan hasil penelitian untuk menyelesaikan masalah aktual di masyarakat
    9. Meningkatkan kerjasama dengan lembaga atau instansi lain yang terkait dalam rangka mendukung penyelenggaraan Tri Dharma Perguruang Tinggi
    10. Mengembangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat atas dasar tanggung jawab sosial berdasarkan hasil penelitian untuk menyelesaikan maslah aktual di masyarakat
    11. Meningkatkan kerjasama dengan lembaga atau instansi lain yang terkait dalam rangka mendukung penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi

     

    B.   Kurikulum

    Kompetensi Utama

    Kompetensi Pendukung

    1. Mampu mendiagnosis perubahan masalah kesehatan di masyarakat.
    2. Mampu merumuskan solusi masalah kesehatan di masyarakat.
    3. Mampu mengendalikan faktor risiko kesehatan di masyarakat.
    4. Mampu melakukan penelitian inovatif di bidang kesehatan masyarakat.
    5. Mampu menjadi agen pembaharu dan penggerak masyarakat di bidang kesehatan

    1.  Peminatan Kesehatan dan Keselamatan Kerja

    a)    Mampu mengidentifikasi faktor bahaya yang ada di lingkungan kerja.

    b)    Mampu melakukan pengukuran terhadap hasil identifikasi faktor bahaya di lingkungan kerja.

    c)    Mampu merencanakan program penanggulangan potensi bahaya di lingkungan kerja.

    d)    Mampu melakukan penyusunan program pencegahan terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

    e)    Mampu mengendalikan potensi bahaya di lingkungan kerja.

    f)      Mampu melakukan monitoring dan evaluasi program pencegahan dan penanggulangan masalah kesehatan di lingkungan kerja.

    2.  Peminatan Kesehatan Ibu dan Anak

    a)    Mampu mengidentifikasi masalah gizi pada ibu dan anak, merumuskan cara penanggulangan serta pencegahannya.

    b)    Mampu melakukan pemantauan terhadap pertumbuhan anak, gangguannya, serta cara pencegahan dan penanggulangannya.

    c)    Mampu memberikan motivasi dan komunikasi, informasi, edukasi tentang KB dan kesehatan reproduksi wanita kepada masyarakat.

    d)    Mampu berkomunikasi secara efektif dengan masyarakat.

    Berita Kemahasiswaan

    Pengumuman Pengambilan KHS Semester genap 2014/2015

    2015-09-19 - 03:42:am | Kategori Kemahasiswaan | oleh dona

    Diberitahukan kepada semua mahasiswa Stikes Kendal, Bahwa Pengambilan KHS Semester genap 2014/2015 dilakukan di BAAK dengan menunju.....Baca Selanjutnya

    Lokakarya Pengembangan Karakter Bagi Mahasiswa 2015 (masih ada kuota angkatan II)

    2015-09-08 - 11:48:am | Kategori Kemahasiswaan | oleh dona

    Dalam rangka mengembangkan potensi dan jiwa kepemimpinan mahasiswa yang antara lain diwujudkan dalam sikap, perilaku dan kepribadianyang .....Baca Selanjutnya

    Berita Kegiatan

    PEMBAHASAN SOAL UJI KOMPETENSI

    2016-09-19 - 04:00:pm | Kategori Kegiatan | oleh dona

    Diberitahukan kepada Alumni dan Calon Alumni Ners STIKES Kendal bahwa pada:

    hari: Rabu s/d Jumat

    tanggal: 21 s/d 23 Septemb.....Baca Selanjutnya

    Tracer Studi Untuk Alumni

    2016-09-19 - 03:42:pm | Kategori Kegiatan | oleh dona

    Diberitahukan kepada seluruh alumni STIKES Kendal bahwa guna pendataan para.....Baca Selanjutnya

    Berita Akademik

    KUNJUNGAN DAN KULIAH PAKAR

    2017-10-16 - 11:12:am | Kategori Akademik | oleh dona

    STIKES Kendal mengadakan kunjungan sekaligus kuliah pa.....Baca Selanjutnya

    OPEN RECRUITMENT RS.HUSADA JAKARTA

    2017-09-22 - 02:55:pm | Kategori Akademik | oleh rya

    Kegiatan recruitment dilaksanankan pada hari Rabu, 27 September 2017 jam 09.00 WIB di Kampus STIKES Kendal

    Materi Ujian : Tes tert.....Baca Selanjutnya

    Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal
    Jl. Laut No. 31A Kendal Jawa Tengah 51311
    Telp: 0294-381343 fax :0294-381834 email : info@stikeskendal.ac.id